Sabtu, 26 Oktober 2013

UNIVERSITAS TERBUKA
POKJAR DAMPIT

KOMPUTER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
IDIK 4010





MINGGARA KUSWANTI
NIM : 821 067 524 





MODUL 4
PEMANFAATAN MEDIA AUDIO DALAM PEMBELAJARAN

Pemenfaatan Media Kaset / Cd Audio Dalam Pembelajaran
Media Audio Dan Radio
Jenis rekaman suara yang banyak digunakan :
1.      kaset Audio
2.      keeping cakram ( Compact Disc / CD )
Manfaat media Audio
1.      Mempelajari materi kapanpun diinginkan
2.      Dapat diputar berulang-ulang
3.      Mendapatkan materi dari sumber lain
4.      Memilih materi yang diperlukan sesuai kebutuhan
5.      Memotivasi siswa untuk belajar
pemanfaatan media audio dalam pembelajaran dapat dilakukan dengan variasi kegiatan :
1.      Hanya mendengar
2.      Mendengar dan melakukan
3.      Mendengar dan melihat
4.      Mendengar, melihat dan melakukan
menurut Hainich (1996) ada beberapa factor dalam memanfaatkan program Audio yang dikenal dengan 6 P, yaitu :
1.      Putar program sebelum digunakan
2.      Persipkan bahan / materi / alat
3.      Persiapkan lingkungan belajar
4.      Persiapkan siswa untuk belajar
5.      Persiapkan pengalaman belajar
6.      Pemanfaatan program oleh siswa
Pemanfaatan Media Radio
Beberapa kelebihan media radio dalam pembelajaran sebagai alat media massa, yaitu :
1.      Dapat menjangkau daerah yang luas
2.      Dapat menstimulasi imajinasi pendengar
3.      Dapat menghadirkan narasumber untu membahas topic tertentu
4.      Kemampuannya untuk memberikan informasi terkini (mutakhir)
5.      Dapat didengarkan dimanapun sambil mengerjakan hal-hal lain
beberapa kelemahan dari media radio dalam pembelajaran adalah sebagai berikut :
1.      Media ini bersifat auditif yang memungkinkan cepat menimbulkan kebosanan pendengarnya apabila disiarkan tanpa variasi
2.      Sulit menghadirkan interaksi emosi dan afeksi antara pembicara dengan pendengar
3.      Program radio yang bersifat sekali dengar juga menyulitkan pendengar untuk mengulang informasi yang sudah didengar.









MODUL 5
VIDEO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

A.    Karakteristik dan Atribut Media Video
Media video sebagai media gambar bergerak atrau motion pictures. Atributnya dapat menampilkan unsure suara (Audio) dan gambar (visual) srcara simultan berupa gambar bergerak (moving images).
B.     Tujuan pemanfaatan program Video
1.      Memberi informasi (to inform)
2.      Membelajarkan (to instruct)
3.      Membujuk (to persuade)
4.      Menghibur (to entertain)
C.    Potensi media Video
1.      Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan
2.      membangkitkan motivasi dan apresiasi
3.      Memberi pengalaman nyata
D.    Keunggulan pemanfaatan program Video dalam pembelajaran
1.      Menarik perhatian
2.      Memperlihatkan gerakkan
3.      Mengungkapkan sesuatu yang tidak sepenuhnya dapat dilihat oleh mata
4.      Mengulang adegan atau peristiwa secara akurat
5.      Menampilkan warna dan suara
6.      Membangkitkan emosi
E.     Pemanfaatan dan produksi program Video sebagai media pembelajaran
Ada 2 cara pengadaan program video dalam menayangkan ilmu pengetahuan, yaitu :
1.      Memberi dan memodifikasi program yang tersedia
2.      Memproduksi sendiri program video sesuai dengan keperluan
Langkah-langkah dalam memproduksi program video adalah sebagai berikut :
a.       Penemuan ide / gagasan
b.      Penyusunan kerangka program
c.       Penulisan treatment / informasi rinci tentang tayangan program
d.      Penulisan naskah
e.       Revisi atau perbaikan naskah
f.       Finalisasi naskah
g.      Revisi program
F.     Bentuk-bentuk program yang digunakan untuk menayangkan program video dan televisi yaitu :
1.      Drama
2.      Dokumenter
3.      Talk Show
4.      Demo
5.      Musical
6.      Kuis
7.      Features





MODUL 6
PEMANFAATAN LINGKUNAGAN ALAM SEKITAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN
Peranan alam lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar anak didik
Bahwa lingkungan anak didik dapat mempengaruhi pertumbuhan jasmani dan rohani secara sehat dan optimal. Karena lingkungan yang sistematis, teratur dan terencana dapat memberikan pengaruh (stimulus) yang baik sehingga manusia bereaksi terhadap stimulus tersebut dan memberikan respons yang sesuai.
Makna dan manfaat bermain bagi anak didik sekolah dasar dilingkungan alam sekitarnya :
1.      Dapat menstimulusasi indra-indra tubuhnya
2.      Melatih kemampuan kognitif dan interaksi dengan orang lain berkembang
3.      Meningkatkan kreatifitas anak serta mengurangi kebosanan siswa terhadap rutinita belajarnya
Prinsip dalam pembelajaran tentang pemanfaatan lingkungan alam sekitas adalah :
1.      Belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang tersedia
2.      Belajar dengan cara yang menyenangkan
3.      Belajar dengan cara mengasah kemampuan berpikir kritis dan kreatif
4.      Belajar melalui kolaborasi
Beberapa pedoman agar siswa memiliki pengalaman yang menyenagkan dalam belajar dengan alam sekitar :
1.      Ciptakan lingkungan tanpa stress(Rileks)
2.      Manfaatkan saran bermain untuk bermain
3.      Gunakan kelima indra anak sebagai jalur belajar
4.      Pakailah seluruh dunia sebagai ruang kelas
Berbagai sumber belajar di sekitar alam lingkungan sekolah bagi pendidikan siswa antara lain :
A. Lingkungan dalam sekolah
1.      Lingkungan halaman sekolah sebagai tempat bermain sambil belajar dan belajar sambil bermain
meliputi 2 bentuk aktifitas dalam belajar yaitu :
a. Aktifitas aktif
§ Bermain terarah, bebas dan spontan
§ Sandiwara dan drama pendek
§ Bermain music
§ Mengumpulkan atau mengoleksi sesuatu benda
b. Aktifitas pasif dan semi aktif
§ Membaca
§ Mendongeng di halaman sekolah
2.      Memilih permainan edukatif
3.      Tumbuhan sebagai sumber pembelajaran IPA
B. Lingkungan alam sekitar sekolah


4 komentar:

  1. assalammualaikum...maaf mau tanya untuk modul 7 nya ada tidak yaa :)

    BalasHapus
  2. Online Casino | 닐이트 먹튀 dafabet dafabet 온라인카지노 온라인카지노 63Sega Genesis Line on Steelers Ravens Game

    BalasHapus
  3. What Is 1xbet Korean Sportsbook Legal? | Is it Legitimate?
    The Bet 1xbet Korean Sportsbook, 메리트 카지노 주소 a reliable, 1xbet trustworthy kadangpintar and trustworthy online sportsbook, is one of the most popular sportsbook brands in the world.

    BalasHapus
  4. Harrah's Cherokee Casino & Hotel - Jackson County - KTH
    Harrah's Cherokee Casino & 영주 출장마사지 Hotel Casino, hotel, dining, entertainment, and 사천 출장마사지 more. 문경 출장마사지 Welcome to Harrah's 전라남도 출장안마 Cherokee Valley 충청남도 출장마사지 River Hotel.

    BalasHapus