UNIVERSITAS TERBUKA
POKJAR DAMPIT
KOMPUTER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
IDIK 4010
MINGGARA KUSWANTI
NIM : 821 067 524
MODUL 4
PEMANFAATAN
MEDIA AUDIO DALAM PEMBELAJARAN
Pemenfaatan Media Kaset / Cd Audio Dalam Pembelajaran
Media Audio Dan Radio
Jenis rekaman suara yang banyak digunakan :
1.
kaset Audio
2.
keeping cakram
( Compact Disc / CD )
Manfaat media Audio
1.
Mempelajari materi
kapanpun diinginkan
2.
Dapat diputar
berulang-ulang
3.
Mendapatkan materi
dari sumber lain
4.
Memilih materi
yang diperlukan sesuai kebutuhan
5.
Memotivasi siswa
untuk belajar
pemanfaatan
media audio dalam pembelajaran dapat dilakukan dengan variasi kegiatan :
1.
Hanya mendengar
2.
Mendengar dan
melakukan
3.
Mendengar dan
melihat
4.
Mendengar,
melihat dan melakukan
menurut Hainich (1996) ada beberapa factor dalam memanfaatkan
program Audio yang dikenal dengan 6 P, yaitu :
1.
Putar program
sebelum digunakan
2.
Persipkan bahan
/ materi / alat
3.
Persiapkan lingkungan
belajar
4.
Persiapkan siswa
untuk belajar
5.
Persiapkan pengalaman
belajar
6.
Pemanfaatan program
oleh siswa
Pemanfaatan Media Radio
Beberapa kelebihan media radio dalam pembelajaran sebagai alat
media massa, yaitu :
1.
Dapat menjangkau
daerah yang luas
2.
Dapat menstimulasi
imajinasi pendengar
3.
Dapat menghadirkan
narasumber untu membahas topic tertentu
4.
Kemampuannya untuk
memberikan informasi terkini (mutakhir)
5.
Dapat didengarkan
dimanapun sambil mengerjakan hal-hal lain
beberapa
kelemahan dari media radio dalam pembelajaran adalah sebagai berikut :
1.
Media ini
bersifat auditif yang memungkinkan cepat menimbulkan kebosanan pendengarnya
apabila disiarkan tanpa variasi
2.
Sulit menghadirkan
interaksi emosi dan afeksi antara pembicara dengan pendengar
3.
Program radio
yang bersifat sekali dengar juga menyulitkan pendengar untuk mengulang
informasi yang sudah didengar.
MODUL 5
VIDEO SEBAGAI
MEDIA PEMBELAJARAN
A.
Karakteristik dan
Atribut Media Video
Media video
sebagai media gambar bergerak atrau motion pictures. Atributnya dapat
menampilkan unsure suara (Audio) dan gambar (visual) srcara simultan berupa
gambar bergerak (moving images).
B.
Tujuan pemanfaatan
program Video
1.
Memberi informasi
(to inform)
2.
Membelajarkan (to
instruct)
3.
Membujuk (to
persuade)
4.
Menghibur (to
entertain)
C.
Potensi media
Video
1.
Mengembangkan pengetahuan
dan keterampilan
2.
membangkitkan
motivasi dan apresiasi
3.
Memberi pengalaman
nyata
D.
Keunggulan pemanfaatan
program Video dalam pembelajaran
1.
Menarik perhatian
2.
Memperlihatkan gerakkan
3.
Mengungkapkan sesuatu
yang tidak sepenuhnya dapat dilihat oleh mata
4.
Mengulang adegan
atau peristiwa secara akurat
5.
Menampilkan warna
dan suara
6.
Membangkitkan emosi
E.
Pemanfaatan dan
produksi program Video sebagai media pembelajaran
Ada 2 cara
pengadaan program video dalam menayangkan ilmu pengetahuan, yaitu :
1.
Memberi dan
memodifikasi program yang tersedia
2.
Memproduksi sendiri
program video sesuai dengan keperluan
Langkah-langkah dalam memproduksi program video adalah sebagai
berikut :
a.
Penemuan ide /
gagasan
b.
Penyusunan kerangka
program
c.
Penulisan treatment
/ informasi rinci tentang tayangan program
d.
Penulisan naskah
e.
Revisi atau
perbaikan naskah
f.
Finalisasi naskah
g.
Revisi program
F.
Bentuk-bentuk
program yang digunakan untuk menayangkan program video dan televisi yaitu :
1.
Drama
2.
Dokumenter
3.
Talk Show
4.
Demo
5.
Musical
6.
Kuis
7.
Features
MODUL 6
PEMANFAATAN
LINGKUNAGAN ALAM SEKITAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN
Peranan alam lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar anak
didik
Bahwa lingkungan anak didik dapat mempengaruhi pertumbuhan jasmani
dan rohani secara sehat dan optimal. Karena lingkungan yang sistematis, teratur
dan terencana dapat memberikan pengaruh (stimulus) yang baik sehingga manusia
bereaksi terhadap stimulus tersebut dan memberikan respons yang sesuai.
Makna dan manfaat bermain bagi anak didik sekolah dasar
dilingkungan alam sekitarnya :
1.
Dapat menstimulusasi
indra-indra tubuhnya
2.
Melatih kemampuan
kognitif dan interaksi dengan orang lain berkembang
3.
Meningkatkan kreatifitas
anak serta mengurangi kebosanan siswa terhadap rutinita belajarnya
Prinsip dalam pembelajaran tentang pemanfaatan lingkungan alam
sekitas adalah :
1.
Belajar dengan
memanfaatkan sumber belajar yang tersedia
2.
Belajar dengan
cara yang menyenangkan
3.
Belajar dengan
cara mengasah kemampuan berpikir kritis dan kreatif
4.
Belajar melalui
kolaborasi
Beberapa pedoman agar siswa memiliki pengalaman yang menyenagkan
dalam belajar dengan alam sekitar :
1.
Ciptakan lingkungan
tanpa stress(Rileks)
2.
Manfaatkan saran
bermain untuk bermain
3.
Gunakan kelima
indra anak sebagai jalur belajar
4.
Pakailah seluruh
dunia sebagai ruang kelas
Berbagai sumber belajar di sekitar alam lingkungan sekolah bagi
pendidikan siswa antara lain :
A. Lingkungan dalam sekolah
1.
Lingkungan
halaman sekolah sebagai tempat bermain sambil belajar dan belajar sambil
bermain
meliputi 2
bentuk aktifitas dalam belajar yaitu :
a. Aktifitas
aktif
§ Bermain terarah, bebas dan spontan
§ Sandiwara dan drama pendek
§ Bermain music
§ Mengumpulkan atau mengoleksi sesuatu benda
b.
Aktifitas pasif dan semi aktif
§ Membaca
§ Mendongeng di halaman sekolah
2.
Memilih
permainan edukatif
3.
Tumbuhan
sebagai sumber pembelajaran IPA
B. Lingkungan alam sekitar sekolah
assalammualaikum...maaf mau tanya untuk modul 7 nya ada tidak yaa :)
BalasHapusOnline Casino | 닐이트 먹튀 dafabet dafabet 온라인카지노 온라인카지노 63Sega Genesis Line on Steelers Ravens Game
BalasHapusWhat Is 1xbet Korean Sportsbook Legal? | Is it Legitimate?
BalasHapusThe Bet 1xbet Korean Sportsbook, 메리트 카지노 주소 a reliable, 1xbet trustworthy kadangpintar and trustworthy online sportsbook, is one of the most popular sportsbook brands in the world.
Harrah's Cherokee Casino & Hotel - Jackson County - KTH
BalasHapusHarrah's Cherokee Casino & 영주 출장마사지 Hotel Casino, hotel, dining, entertainment, and 사천 출장마사지 more. 문경 출장마사지 Welcome to Harrah's 전라남도 출장안마 Cherokee Valley 충청남도 출장마사지 River Hotel.